Proses Pewadahan Dalam Pengelolaan Sampah

Ilustrasi Pewadahan Sampah
Pewadahan sampah merupakan salah satu cara untuk menampunga sampah sebelum dikumpulkan, dipindahkan, diangkut, dan dibuang ke tempat pembuangan akhir. Wadah ini biasanya disediakan oleh setiap penghasil sampah sendiri contohnya sampah rumah tangga, sedangkan untuk fasilitas umum biasanya disediakan oleh pengelola, pemerintah atau pihak swasta contohnya stadion, masjid dan lain-lain.
Tujuan utama dari pewadahan yaitu menghindari sampah yang berserakan sehingga mengganggu lingkungan dari segi kesehatan, kebersihan dan estetika dan juga untuk memudahkan dalam proses pengumpulan sampah supaya tidak membahayakan petugas pengumpul sampah, baik petugas kota maupun dari lingkungan setempat.

Beberapa klasifikasi wadah yang bisa digunakan untuk pewadahan sampah:

Model Tetap, didesain dalam bentuk bak yang disemen atau pasangan batu bata dan tidak dapat dipindahkan lagi, biasanya dipasang didepan atau diteras rumah. Model seperti ini sebaiknya tidak digunakan lagi karena memperlambat kecepatan operasional, kebersihan kurang terjaga.
Model Semi Tetap, didesain dalam bentuk tong sampah yang diberi tiang penyangga yang terbuat dari besi, plastik, bambu ataupun kayu. Model seperti ini menghindari masuknya binatang kedalam sampah, tapi untuk perawatan pada umumnya akan mengalami kesulitan.
Model Non Tetap, dalam bentuk kantong plastik yang sangat fleksibel untuk digunakan. Model seperti ini cocok digunakan di tiap rumah penduduk dan tidak bisa diterapkan ditempat umum.

Data perencanaan pewadahan ditentukan oleh:

1. Data perencanaan
Luas daerah yang dikelola
Jumlah penduduk berdasarkan klasifikasi  pendapatan tinggi, menegah dan rendah
Jumlah rumah berdasar tipe
Besaran timbulan sampah per hari
Jumlah bangunan fasilitas umum
Kondisi jalan (lebar, panjang dan kondisi fisik)
Kondisi topografi dan lingkungan
Ketersediaan lahan untuk lokasi TPS dan daur ulang sampah skala lingkungan
Karakteristik sampah

2. Jumlah sampah yang dikelola
Toko/pasar
Sekolah
Rumah sakit kecil/klinik kesehatan
Jalan/saluran
Taman
Tempat ibadah, dan lain-lain

Penempatan pewadahan meliputi

1.  Wadah individual
Dihalaman depan rumah, namun untuk sampah yang berasal dari hotel, restoran dan lain sebagainya bisa ditempatkan disamping atau dibelakang gedung memperhatikan estetika dan kesehatan dengan syarat memudahkan petugas untuk mengambil sampah
Mudah diambil oleh petugas pengumpul sampah untuk rumah penduduk
2.  Wadah komunal
Tidak mengambil lahan trotoar
Tidak dipinggir jalan protokol
Sedekat mungkin dengan sumber sampah
Tidak mengganggu pemakai jalan dan fasilitas umum
Diperhatikan estetika dan kesehatan lingkungan sekitar

Pola dan Karakteristik Pewadahan Sampah

Bentuk, pola pewadahan individual dan komunal berbentuk  tong (silinder, kontainer, kotak) yang tertutup.
Sifat, pola pewadahan individual dan komunal yaitu ringan, mudah dipindahkan dan dikosongkan
Bahan,  pola pewadahan individual dan komunal menggunakan bahan logam, plastik, fiberglass, kayu, bambu, rotan dan lain sebgainya
Volume, untuk individual yang terdiri dari permukiman/perumahan sejumlah 10 – 40 Liter, namun untuk kantor, toko besar, hotel, rumah makan sejumlah 100 – 500 Liter. Untuk komunal yang berada di pinggir jalan dan taman sejumlah 30 – 40 Liter dan untuk pasar sejumlah 100 – 1.000 Liter.

Jenis Pewadahan dan Sumber Sampahnya

Daerah perumahan, pewadahannya menggunakan kantong plastik atau tong sampah berukuran 40 – 60 Liter.
Pasar, pewadahan bisa menggunakan tong sampah volume 50 – 60 Liter, tong plastik volume 120 – 140 Liter memakai roda, gerobak sampah ukuran 1 m3, kontainer arm roll berukuran  6 – 10 m3.
Pertokoan, tong sampah volume 50 – 60 Liter, tong sampah volume 120 – 140 Liter dengan roda.
Perkantoran/hotel, kontainer volume 1 m3 beroda, kontainer besar volume 6 – 10 m3Tempat umum ataupun fasilitas umum, tong sampah volume 50 – 60 Liter, tong sampah volume 120 – 140 Liter dengan roda

Referensi:
SNI 3242:2008
SNI 03-3242-1994
Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah
Bahan belajar sekolah
Proses Pewadahan Dalam Pengelolaan Sampah Proses Pewadahan Dalam Pengelolaan Sampah Reviewed by Deni Perdana on 6:38 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.