Dampak Ekowisata Terhadap Lingkungan, Sosial dan Ekonomi

Berdasarkan temuan penelitian Roe et al. (1997), dampak pengembangan pariwisata dapat dikategorikan menjadi tiga aspek yaitu aspek lingkungan, aspek sosial-budaya, dan aspek ekonomi. Kegiatan ekowisata selain menghasilkan dampak positif, juga dapat menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan alam, serta dampak daya tarik wisata terhadap nilai sosial budaya setempat. Jika tidak terkendali, dampak negatif terhadap lingkungan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan atau degradasi lingkungan. Degradasi lingkungan termasuk perusakan lanskap, perusakan komunitas vegetasi, margasatwa, terumbu karang dan munculnya tumpukan sampah. Dampak negatif lainnya dapat terjadi sebagai akibat dari rencana pengelolaan pariwisata yang kurang baik, kurang perhatian pada kapasitas lingkungan dan kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat lokal dan wisatawan dalam melestarikan lingkungan alam (Anonim, 1995). Konsekuensi negatif pada aspek fisik, kimia dan biotik termasuk erosi tanah karena frekuensi kunjungan yang tinggi, perusakan vegetasi karena perubahan lanskap alam, peningkatan volume sampah, dan polusi suara akibat kendaraan bermotor.
Lokasi Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri (Ilustrasi)

Ada juga konsekuensi negatif dari sosial-ekonomi dan budaya, yang merupakan terjadinya perilaku meniru oleh masyarakat setempat, sikap materialistis, meningkatkan penjualan yang tidak teratur, gangguan moral di masyarakat lokal, penurunan pendapatan, kurangnya minat wisatawan pada desain artistik tradisional (seperti cinderamata tradisional), penurunan tingkat magnetisme pariwisata, termasuk atraksi budaya tradisional, menurunnya kreativitas orang dalam beberapa festival atau perayaan bersejarah dan keagamaan (Musanef, 1995).

Berbagai dampak positif yang dihasilkan sebagai hasil dari kegiatan ekowisata (Hadinoto, 1996), yaitu
1.    Ekowisata dapat memberikan manfaat ekonomi bagi pemerintah dan masyarakat setempat. Manfaat-manfaat ini dapat diamati melalui pengeluaran wisatawan (pengeluaran wisatawan), 'faktor pengganda', dan keterkaitan pembangunan. Konsep faktor pengali adalah bahwa pengeluaran wisatawan dapat dilakukan secara langsung (primer): misalnya, pembelian barang dan jasa, dan secara tidak langsung (sekunder): mis. penyediaan lapangan kerja yang menghasilkan peningkatan pendapatan lokal.
2. Sinergisme antara ekowisata dan lingkungan alam, di mana wisatawan dan masyarakat lokal menghargai dan memahami masing-masing masalah ekosistem dan perlunya pelestarian lingkungan.
3.   Memberikan insentif kepada lembaga pemerintah, swasta sektor dan individu yang memperkenalkan, merencanakan, dan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan.
4.   Memberikan pendidikan publik tentang sumber daya alam.
5.   Memberikan pendidikan kepada pengunjung tentang aset alam dan budaya di situs tujuan.
6.   Menawarkan peluang penelitian.
7.    Memberikan peluang kerja kepada masyarakat lokal, dan
8.    Mengembangkan daerah yang kurang berkembang. 
Berdasarkan kegiatan pengembangan ekowisata, dampak ini muncul dari berbagai aspek termasuk aspek fisik, biologis, ekonomi, sosial, budaya dan politik. Untuk aspek fisik dan biologis dari lingkungan alam, pengembangan ekowisata menyarankan setiap peluang dalam mendorong suksesi ekosistem ke dalam ekosistem buatan manusia. Dalam pengembangan berskala besar, suksesi terjadi dalam ekosistem secara keseluruhan dan tiba-tiba. Adapun dampak sosial, ekonomi dan budaya terhadap perubahan gaya hidup tradisional dan pendapatan masyarakat setempat.

Dalam aspek sosial-ekonomi, menurut Noferi (2007) dalam penelitiannya, kegiatan ekowisata di Danau Maninjau juga meberikan dampak pada mata pencaharian masyarakat setempat, pendapatan, pekerjaan dan kesehatan masyarakat. Kegiatan pariwisata telah menyebabkan dampak sosial ekonomi di masyarakat lokal Kabupaten Jayapura. Dampak positif dari kegiatan pariwisata dalam hal sosial ekonomi adalah peningkatan pendapatan masyarakat lokal dan peningkatan lapangan kerja di pedesaan. Sebaliknya, ada dampak negatif, seperti degradasi ekosistem karena pengembangan objek wisata dan konflik sosial yang melibatkan masyarakat lokal (Lumintang, 1996). 

Setiap kegiatan ekowisata telah berdampak pada berbagai aspek lingkungan alam. Terjadinya perubahan dalam aspek biologis, fisik, sosial, ekonomi dan budaya adalah dampak dari kegiatan wisata. Oleh karena itu semua pihak harus lebih peduli tentang menjaga kelestarian alam: belajar untuk mengetahui dan memahami lingkungan alam, memperluas kesempatan kerja dan melibatkan masyarakat lokal dalam setiap kegiatan.

REFERENCE

Roe, D. , N. Leader-Williams and B. Dalal Clayton. 1997. Take Only Photographs, Leave Only Footprints : The Environmental Impacts of Wildlife Tourism. IIED Wildlife And Development Series No. 10.
Anonim. 1995. Peluang Pengembangan Pariwisata Alam Di Kawasan Pelestarian. Direktorat BKPA. Ditjen PHPA. Bogor
Musanef. 1995. Manajemen Usaha Pariwisata Di Indonesia. Gunung Agung. Jakarta.
Hadinoto, K. 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Universitas Indonesia. Jakarta
Noferi, I. 2007. Dampak Sosial Ekonomi dari Pencemaran Danau Maninjau (Studi Kasus di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam). Tesis, Universitas Indonesia, Jakarta.
Lumintang, O. M. 1996. Dampak Industri Pariwisata terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kabupaten Daerah Tingkat II Jayapura (1962 - 1994). Tesis, Universitas Indonesia Jakarta

Dampak Ekowisata Terhadap Lingkungan, Sosial dan Ekonomi Dampak Ekowisata Terhadap Lingkungan, Sosial dan Ekonomi Reviewed by Deni Perdana on 9:32 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.