Kriteria Desain Penyaringan (Screen) pada Pengolahan Fisik Air Limbah

Screen atau saringan pengolahan limbah
Proses screening biasanya dilakukan pada waktu awal proses pengolahan air limbah. Proses ini digunakan untuk memisahkan benda padat atau sampah pada air limbah, misalnya plastik, kertas, kayu dan benda padat lainnya. Benda-benda padat atau sampah-sampah ini harus dipisahkan dari air limbah dikarenakan untuk menghindari kerusakan pada sistem peralatan pemisah lumpur dan pengolahan selanjutnya. 

Sampah/ kotoran yang berasal dari saringan tersebut biasanya dibersihkan secara manual dengan tenaga manusia dibuang disebelah bak yang tidak jauh dari sumber dan  dilakukan bila terjadi penyumbatan pada saringan. Screening ini biasanya terbuat dari besi baja, berbentuk segi empat dan jeruji dari plat besi.
Terdapat 2 macam screen atau saringan, yaitu:

1. Saringan halus (Fine screen)

Saringan halus mempunyai jarak antar batang 2,3 – 6 mm bahkan ada yang lebih kecil dari 2,3 mm. saringan halus ini terdiri dari fixed sreen (permanen) dan movable screen. Salah satu kelebihan saringan halus ini yaitu dapat menghilangkan padatan tersuspensi, lemak dan meningkatkan oksigen terlarut (DO) pada air limbah.

2. Saringan kasar (Coarse screen)

Tipe yang sering digunakan yaitu bar screen. Pembersihan bar screen ini dibersihkan secara manual yang biasa dilakukan untuk instalasi pengolahan air limbah kapasitas kecil. Pada umumnya bar screen terdiri dari bak (chamber) serta peralatan saringan (screen). 

Beberapa jenis bar screen yakni:

· Bar screen kasar, mempunyai jarak antar batang 32 – 100 mm.
· Bar screen sedang, mempunyai jarak antar batang 13 – 25 mm.
· Bar screen halus, mempunyai jarak antar batang 1,5 – 13 mm.

Untuk merencanakan bar screen perlu diperhatikan:

· Kecepatan atau kapasitas rencana
· Jarak antar bar
· Ukuran bar


Analisis yang diperlukan dalam Perancangan saringan kasar adalah menentukan tinggi hilang selama air melewati kisi-kisi saringan. Tinggi hilang akan dipengaruhi oleh bentuk dari kisi dan kecepatan aliran yang melewati kisi.

Kriteria desain saringan kasar (Metcalf & Eddy):

No.
Item
Satuan
Kriteria
1
Kecepatan aliran (Vs)
m/detik
0,3 – 0,6
2
Lebar kisi (w)
mm
5 – 15
2
Tebal kisi (t)
mm
12 – 17
3
Jarak antar kisi (b)
mm
25 – 50
4
Kemiringan kisi
derajad
30 - 45
5
Freeboard
m
0,3 – 0,5


Kriteria desain bar screen (Metcalf & Eddy):

No.
Item
Satuan
Kriteria
1
Kecepatan aliran (Vs)
m/detik
0,4 – 0,8
2
Lebar kisi (w)
mm
150 – 250
2
Tebal kisi (t)
mm
13 – 17
3
Jarak antar kisi (b)
mm
1015
4
Kemiringan kisi
derajad
30 - 60
Kriteria Desain Penyaringan (Screen) pada Pengolahan Fisik Air Limbah Kriteria Desain Penyaringan (Screen) pada Pengolahan Fisik Air Limbah Reviewed by Deni Perdana on 1:04 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.